8 Manfaat Membaca Buku Yang Wajib Diketahui

Ada pepatah yang mengatakan buku adalah jendela dunia. Itu bener loh, karena banyak sekali manfaat membaca buku yang bisa merubah kepribadian dan wawasan kita. Kalau kita punya wawasan yang luas, kamu tentu bisa membayangkannya kan? Bagaimana kepercayaan diri kita yang meningkat ditambah lagi kita bisa melakukan apapun yang membuat diri kita bangga pada diri kita sendiri.

Manfaat membaca buku tidak hanya meningkatkan wawasan kita tapi bisa mempengaruhi psikologis dan kesehatan tubuh kita. Kamu pasti tidak menyangkanya kan kalau banyak sekali manfaat membaca buku yang tidak terpikirkan selama ini?

Supaya bisa meningkatkan semangat kamu untuk membaca buku, yuk simak manfaat membaca buku yang wajib kita ketahui.

8 Manfaat Membaca Buku Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Bukan hanya membuat kita menjadi lebih pintar, membaca buku dengan rutin juga akan meningkatkan kemampuan otak itu sendiri. Sama halnya dengan olahraga kardio yang melatih otot jantung, membaca secara teratur akan meningkatkan fungsi memori dan kinerja didalam otak kita.

Mungkin bertambahnya usia akan membuat daya ingat manusia semakin menurun, tetapi dengan rajin membaca akan membuat daya ingat seseorang jauh lebih kuat dan akan memperlambat proses pelemahan daya ingat yang biasa kita sebut dengan istilah pikun.

2. Membaca Buku Membuat Kita Lebih Berempati

Larut dalam bacaan yang baik, akan membuat kita lebih mudah untuk mengerti dengan kondisi yang sedang dialami orang lain. Terlebih khusus karya fiksi sastra. Buku/tulisan dengan kategori ini memiliki kekuatan “magis” untuk membantu pembacanya memahami apa yang sedang dipikirkan orang lain dengan membaca emosi yang terpancar dari orang tersebut.

Hal ini diterbitkan dalam sebuah penelitian, dimana dampak membaca karya fiksi sastra jauh lebih signifikan dibandingkan dengan membaca karya non-fiksi dalam hal memahami keadaan orang lain.

3. Membantu Melawan Penyakit Alzheimer

Membaca akan membuat otak kita bekerja secara aktif dan memberi efek positif pada system memori kita. Mereka yang sering melibatkan kinerja otak dalam aktivitasnya sehari hari terbukti memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih kecil untuk terserang penyakit Alzheimer.

4. Memberikan Efek Santai

Duduk bersantai sambil ditemani sebuah buku dan secangkir kopi bisa jadi sebuah kenikmatan tersendiri bagi mereka yang mengerti akan pentingnya membaca.

Tahukah kamu? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas membaca dapat membantu menurunkan tingkat stress yang cukup serius. Bahkan studi lain yang dilakukan para peneliti Universitas Sussex pada tahun 2009 membuktikkan, membaca dapat mengurangi tingkat stress sebanyak 68%.

5. Membaca Buku Membantu Kita Untuk Lebih Mudah Tidur

Menurut Mayo Clinic, membaca sebelum tidur dapat memberikan sinyal kepada tubuh kita bahwa inilah saatnya untuk beristirahat dan tidur. Dan hal ini terbukti, dimana kita akan lebih susah untuk tidur saat berada didepan layar elektronik seperti handphone, e-reader, tablet, dan semisalnya.

6. Memperbanyak Kosakata Kita

Semakin banyak kita membaca, maka akan semakin luas pula pengetahuan dan kosa kata yang kita miliki, dan salah satu dampak positif dari luasnya pengetahuan dan kosa kata seseorang adalah, ia akan mampu berbicara dengan sangat artikulatif dalam menjelaskan sesuatu kepada lawan bicaranya.

Bahkan bukan hanya itu, wawasan dan kosa kata yang luas akan membantu kita dalam menjalani tugas sehari, maupun profesi yang sedang kita tekuni.

7. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Salah satu manfaat penting dalam membaca buku adalah meningkatkan kemampuan menulis yang kita miliki. Bukan tanpa alasan, seiring banyaknya tulisan yang telah kita baca, perluasan kosa kata pun akan datang dengan sendirinya sebagai dampak positif dari membaca itu sendiri.

Dampak manfaat membaca buku, baik disadari maupun tidak disadari, seseorang akan mengamati struktur yang terkandung didalam tulisan itu sendiri, baik itu irama, fluiditas, dan gaya penulisan dari penulis itu sendiri. Kondisi ini sama halnya dengan para seniman, dimana para seniman amatir yang belajar kepada seniman yang sudah senior.

Begitu pula kita yang membaca karya para penulis terkemuka, secara tidak langsung telah mempelajari gaya bahasa penulis tersebut dalam menuangkan pikirannya dalam sebuah bentuk karya buku.

8. Mengembangkan Imajinasi Bagi Anak-anak

Setelah semua penjelasan diatas kita paparkan dalam sudut pandang global, kali ini kita akan menjelaskan manfaat dari sudut pandang anak anak.

Tahukah kamu? Bahwa ketika kita anak anak membaca, mereka akan menterjemahkan apa yang mereka baca berupa orang, tempat, dan benda menjadi bentuk visual dalam fikiran mereka.

Sebagaimana halnya anak anak terlibat dalam sebuah cerita/dongeng, ia akan membayangkan bagaimana perasaan seorang karakter, baik sifat, bentuk dan warna dari tokoh yang sedang kita sampaikan didalam cerita tersebut.

Kemampuan imajinatif inilah yang akan memberikan improvisasi pada otak kanan anak anak sejak usia dini.

Bagaimana? Itulah pembahasan singkat kita mengenai manfaat membaca buku dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dengan bijak. Sampai jumpa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.